Back

Friday, 13 January 2023 | 10:13 | Author by Arif

Peluncuran Radya Fellowship 2023

Radya Fellowship secara resmi membuka pendaftarannya hingga tanggal 15 Januari 2023. Radya Fellowship adalah program pelatihan dan magang bersertifikat, dengan mentor-mentor yang sudah berpengalaman di bidang Teknologi Informasi. 

Program Radya Fellowship ini dibuat sebagai jembatan antara mahasiswa yang akan/ baru lulus dengan industri atau perusahaan. Seperti yang telah kita ketahui, tidak semua mahasiswa yang baru lulus dapat langsung diterima kerja. Faktanya, dari sekitar ratusan ribu lulusan perguruan tinggi setiap tahunnya (untuk jurusan IT), hanya sekitar 10% yang berhasil direkrut oleh perusahaan.

Melihat fakta tersebut bukan berarti lulusan perguruan tinggi tidak mampu bersaing dalam dunia kerja. Kampus memang bertujuan untuk membangun fondasi bagi suatu bidang keilmuan. Dengan fondasi yang baik dari kampus, mahasiswa yang lulus akan dengan mudah untuk dilatih dalam bekerja. Hanya saja, perkembangan industri yang begitu cepat membuat gap antara fondasi ini dengan kebutuhan industri menjadi cukup jauh. Sehingga dibutuhkan pelatihan tambahan/ preskilling bootcamp untuk mengurangi gap tersebut.

Berdasarkan permasalahan tersebut, Alkademi membuat program Radya Fellowship untuk mempersiapkan pemimpin teknologi Indonesia masa depan, dengan program magang yang dimentori langsung oleh praktisi-praktisi berpengalaman. Program magang akan dilakukan selama 6 bulan yang disertai dengan beasiswa pelatihan, akses mentor, dan proyek inovasi untuk memberdayakan potensi ekonomi digital Indonesia.

Tujuan Radya Fellowship

Dengan mengikuti program Radya Fellowship ini, diharapkan setiap peserta dapat memiliki karir yang sukses di dalam industri teknologi dan informatika, serta mampu mendemonstrasikan kepemimpinan teknologi dan aktif dalam mengembangkan masyarakat. Selain itu, lulusan Radya Fellowship diharapkan mampu untuk:

  • Menganalisa dan mengaplikasikan prinsip komputasi dan disiplin yang relevan dalam mengidentifikasi solusi
  • Berkomunikasi secara efektif dalam konteks profesional dan dunia kerja
  • Memahami tanggung jawab profesional dan mengambil keputusan berdasarkan praktik komputasi yang berlandaskan prinsip legal dan etika
  • Mengaplikasikan teori komputasi dan fundamental pengembangan perangkat lunak untuk menghasilkan solusi berbasis komputasi

Keuntungan Mengikuti Radya Fellowship

Setiap mahasiswa yang mengikuti program ini akan mendapatkan banyak benefit seperti:

  • Keterampilan kerja
    Software engineer, manajemen produk, dan pengantar AI
  • Sertifikasi global
    Berkesempatan mendapatkan sertifikat gratis dari Microsoft dan LinkedIn
  • Pengembangan karir
    Group mentoring, persiapan karir, dan portofolio
  • Transfer SKS
    Khusus kampus yang bekerjasama dengan Alkademi
  • Dukungan inkubasi
    Gratis kredit Microsoft Azure hingga $150,000


Jadwal Pelaksanaan Radya Fellowship


Jadwal pelaksanaan Radya Fellowship akan dimulai dari bulan Januari 2023 sampai bulan Juni 2023. Untuk pendaftaran dibuka dari tanggal 1 - 15 Januari 2023 dan dilanjutkan dengan Matrikulasi dari tanggal 16 - 27 Januari 2023. Ujian akan dilakukan pada tanggal 28 Januari 2023, dan hasilnya akan diumumkan pada tanggal 30 Januari 2023. Untuk peserta yang dinyatakan lulus, akan dapat mengikuti pelatihan dan magang di awal bulan Februari 2023.

Syarat Mengikuti Radya Fellowship

Syarat mengikuti program Radya Fellowship ini cukup mudah, antara lain:

  • Warga negara Indonesia
    Dibuktikan dengan KTP
  • Mahasiswa aktif hingga akhir 2023 dan lulusan baru (fresh graduate)
    Dapat diikuti oleh mahasiswa S1/D4 minimal semester 5 dan D3 minimal semester 4. Untuk mahasiswa yang baru lulus, maksimal kelulusan tidak lebih dari 6 bulan (maksimal lulus di bulan Juli 2022).
  • Jurusan STEM dengan minimum IPK 3.0
    Mahasiswa jurusan Sains, Teknologi, Engineering, dan Matematika
  • Tidak sedang bekerja
    Atau mengikuti kegiatan MBKM (Merdeka Belajar - Kampus Merdeka) dan atau magang di tempat lain

Di tahun 2023 ini, Radya Fellowship hanya membuka 60 peserta saja untuk dua posisi yang tersedia (50 software engineer dan 10 project manager). Radya Fellowship diselenggarakan oleh Alkademi dan didukung oleh beberapa perusahaan partner seperti: Radya Group, Microsoft Indonesia, 1000 Startup Kominfo, dan Paragon Corp. Untuk info lengkap dan pendaftaran, dapat mengunjungi https://radya.academy